Monday, September 17, 2012

Eclair

Cilukbaaaaaaa.... Udah lama sekali rasanya gak menjamah blog ini.... Padahal sempat masak n poto2 juga siiiy... Cuma potonya masih aja numpuk di memory card camera, n makanannya menumpuk di badanku. Kik...kik...kik...

Ukeeey deeeh, mulai nyicil masukin ke blog beberapa yaaaa...

Pertama eclair... 


Entah kenapa pas sakit kemaren tiba-tiba aja malem-malem kebayang enaknya maem eclair.
Tapi males dooong bikin malem-malem. Ternyata besoknya tubuhnya masih lom bersahabat ma dapur, akhirnya baru kesampaian lusanya pas udah agak fresh badannya.

Untuk resep dasar soes (choux pastry) nya aku pake resep Soes Klasik nya Pak Hadi Tuwendi yang ada di detikFood, yang aku ubah beberapa. Untuk mentega aku pake salted butter semua, terigu pake yang protein sedang (punyanya yg ini soalnya), dan telurnya aku pake telur ayam biasa, bukan telur ayam kampung. 



Adonan soes aku spuit panjang-panjang dan pake yang ada tekstur garis-garisnya. Dan karena bikinnya ukuran gendut, 1 resep soes tadi bisa jadi 18 buah.
Ini penampakan soes sebelum dipanggang



Penampakan setelah dipanggang seperti yang nyempil di resep terlampir di atas... Menggemaskan yaaa...

Biasanya kalo bikin soes seringnya yang dikeluhkan adalah si kue soes ini jadi kempis dan keriput setelah keluar dari oven. Biar ga kempis, rahasianya adalah panggang soes sampai buih-buih mentega yang muncul gak nampak lagi. Lamanya manggang ma suhunya tergantung oven masing-masing, karena oven beda-beda tingkat kepanasannya. Emang perlu untuk sering-sering 'menggauli' oven kita biar tau karakternya.
Setelah di keluarkan dari oven, biasanya aku langsung tusuk pinggiran soes itu pake chopstick sampe tembus ke pinggir seberangnya. Dari situ pula lah nantinya aku isi vla nya jadi tampilannya rapih.
Dijamin deeeh tampilan soesnya cantik, gak kempis, n vla nya juga gak blepotan.
Kulit soes yang belum diisi vla aku biasanya simpan di wadah plastik kedap udara.


Untuk vla nya, karena lum sehat bener, aku pake yang instant-instant aja, dengan campuran : 75 gr tepung rap + 200 ml susu cair dingin + 50 gr vanilla cream-nya Mero + 50 ml whipped cream dikocok kaku + 1 sm rhum essence.... Mantep bangeeet deh vla nya pake komposisi begini.

Karena maksain diri saking penginnya eclair, ini bener-bener bikin eclair terlama dalam sejarah hidupku *lebay... Gimana ga lama? Baru nglakuin bbrp step, harus ditinggal rebahan dulu karena masih lemes... Nekad yaaa?

Tapiii.... Nyyaaaam... Perjuangan bikinnya sebanding ma kepuasan pas makannya... Kayaknya walo sakit napsu makan tetap sehat deeeh....

2 comments:

  1. Naksir banget sama soesnya yg montogh ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah apa kubilang... Undut ontogh selalu memberikan kesan cemokot... Hihihi...

      Delete