Monday, January 28, 2013

Carrot Fruit Cake

Fruit cake biasanya dijadikan salah satu sajian di saat natal...
Walopun pas bulan Januari (natal udah lewat) boleh dooong kalo namanya kepengen...


Keinget waktu itu dikasih sepotong fruit cake ma temen kantor koq ada semburat warna orange dari wortel. Jadi kepengen nyoba bikin carrot cake yang bersatu padu ma fruit cake...

Googling resep susah bener nemunya... Akhirnya nemu American Carrot Cake di majalah Femina dan di All Recipes. Cuma di resep itu yang dipake nanas kalengan. Yawes karena tetep bertekad baja pengennya fruit cake ya ngeyel aja tu nenas diganti ma dried mix-fruit yang udah aku rendam rhum semaleman. Takerannya juga asal aja. Karena punya sebungkus dried mix-fruit (500 gram) dan dried orange peel (250 gram) aku pake masing2 1/2 bungkus jadi totalnya 375 gram. Plus aku tambah cincangan kacang mede yg udah disangrai.
Di resep asli gula yang dipakai 450 gram, aku kurangin jadi 400 gram (mbayanginnya koq terlalu manis).



O iya buah kering yang udah direndam itu sebelum kucampur di adonan, aku taburi terigu sampe rata biar gak tenggelam di dasar loyang...


Untuk 1 resep ini, aku pake loyang tulban diameter atas 26 cm, masih sisa adonan aku tuang ke loyang loaf ukuran 10x20 cm...Truz manggangnya juga agak lebih lama dibanding cake pada umumnya. Kemaren aku gak catat waktunya. Pake test tusuk aja buat liat udah matang atau belumnya.


Setelah matang dan dingin aku 'mandiin' lagi permukaan cake ini pake rhum beberapa kali supaya moist... Truz pas menikmatinya aku kasih topping keju cair... Nyaaaam.....sedaaaap....



No comments:

Post a Comment