Thursday, January 10, 2013

Risoles

Susah beneran deh buat aku untuk nolak yang namanya gorengan... Apalagi kalo ditemenin ma minum teh panas... Tapi ntar kalo jarum timbangan badannya mulai bergeser ke kanan mulai ribut deeeh.... Ini mumpung jarum timbangannya masih ke kiri dikit (dikit lho yaaaa...) koq ya langsung tergoda nyemil gorengan lagi...

Ceritanya kemaren laper mata beli crepes maker yg bentuknya wajan kebalik... Kalo diliat koq kayaknya hasil dadarnya bagus, tipisnya rata dibandingkan kalo pake wajan dadar biasa.

Mikir2 mo bikin apa, koq ya yg terlintas bikin si risoles ini (dasar penggila gorengan *mengutuk diri sendiri).. Yasud...kumpulin bahan2nya dan mari memasaaaaak....

Berhubung masaknya udah agak sorean dan tingkat malasnya udah meningkat (emang dasarnya udah pemalas kali yaaaa...) Aku pake cara sesat... Ayam dan wortel yang udah direbus, jamur dan sosis (kemaren aku tambahin dikit2) aku ancurin pake chopper, bukannya diiris seperti kalo orang2 rajin bikin risoles... Hihihi.... Truz bawang putih, bawang bombay dan daun bawang juga aku chop pake chopper scr terpisah...


Mulai deh bikin ragout buat isian risoles, baru next bikin kulitnya... Ternyata emang beneran gampang n bagus hasilnya pake si wajan kebalik iniii....

Begitu mo adegan melipat n memanir koq ya di rumah pake acara mati lampu. Walopun masih sore karena ujan pas baru deres2nya jadi gelap...males banget mo nerusin. Untungnya mati lampunya ga lama.

O iya, aku biasanya untuk pelapis, step pertama risolesnya dibedakin rata pake terigu (biasanya terigu aku bumbuin pake merica n garlic powder). Step kedua, di celupin ke putih telur kocok (biasanya aku tambah sedikit air, sedikit bubuk kaldu, merica n garlic powder juga), baru deh step terakhir aku gulingin ke tepung panir kasar. Biar warnanya cantik biasanya aq mix tu tepung panir kasar putih plus yg orange. Lihaat... Warna gorengannya jd cantik beneran kaaaan....?


Setelah dilapisi panir biasanya aku bungkus plastik satu persatu truz aku masukin wadah kedap udara n disimpan di freezer. Bisa awet lama (pernah nyoba sekitar 10 hari masih bagus...ntah bisa lebih ato nggak, soalnya udah keburu abis....hihihi...), jadi kalo mau makan tinggal defrost truz digoreng deh.... Jangan digoreng dlm kondisi dingin (apalagi beku) yaaaa.... Ditanggung deh ntar berasa makan es risoles goreng karena luarnya udah berwarna cokelat tapi dalemnya masih dingin.

Untuk pelengkap biasanya aku bikin acar (timun, wortel, n bawang merah) plus cocolannya mayonaise yg dicampur mustard (perbandingan 1:1).




Emang beneran sore semakin lengkap dan nikmat rasanya kalo dilewatkan sambil nyemil gorengan dan minum teh panas yang harum....







No comments:

Post a Comment