Wednesday, January 2, 2013

Chicken Cordon Bleu

Masih membahas steak dan kerabatnya, jenis yang satu ini termasuk favorit aku... (hu..hu..hu...semua makanan koq aku favoritin siiiiy...?)

Cara bikinnya simple banget dan aku suka simpan di freezer buat persediaan kalo tiba2 laper n belum sempat masak. Tinggal di defrost pake microwave, digoreng... Beres deeeh....


Tips yg perlu diingat, saat goreng harus deep fry.. Jd pake minyak yg banyak. Setelah minyak panas, kecilkan api. Kalo api terlalu besar biasanya ntar luarnya udah matang kecokelatan, tapi bagian dalamnya masih setengah matang. Soalnya si chicken cordon bleu ini kan cukup tebal, jadi proses pematangannya juga perlu waktu lebih.
Kalo matangnya sempurna biasanya hasilnya juga bagus. Daging ayam yg lembut, dan keju yang langsung meleleh begitu diiris.... Nyaaaaam.....


Saus steak aku suka ganti2 semau-mauku. Kadang aku pake saus steak yg model saus coklat (kecap manis, saus tomat, saus tiram dan kecap inggris...kadang-kadang aku tambahin saus barbeque), kadang (seperti yg ada di foto ini) aku bikin saus pake cream soup instant yg dicampur mustard.


Simple aja sebenarnya cara bikin sausnya. Cuma bawang bombay n bawang putih cincang ditumis pake margarine sampai wangi, truz dituangin sup krim instant (aku pake sup krim ayam) yang sudah dilarutkan dengan air (takarannya aku pake ilmu kira2. Banyak dikitnya air selain mempengaruhi rasanya juga mempengaruhi kekentalan sausnya), tambahkan mustard, merica bubuk, bawang putih bubuk, masak sampai mengental. Kalo udah matang aku tambahkan peterseli cincang... Hmmmm... Haruuum....

Saus steak aku biasanya bikin untuk persediaan chicken cordon bleu yg aku bikin. Jadi kalo lapar menyerang aku tinggal goreng chicken cordon bleu-nya, goreng kentang, rebus vegetable mix n panasin sausnya... Siyap makan deeeeh.... Noom..nooom..nooooom.....







No comments:

Post a Comment