Saturday, January 5, 2013

Pindang Serani

Selama ini seringnya posting kalo ga kue ya chinese food... Jarang banget deh rasanya posting masakan Jawa... Soalnya jarang juga sih masak masakan Jawa yang bumbunya banyak (pemalas benar aku iniiiih...)

Tapi dari kemaren koq rasanya pengen makan entah itu asem2 ato garang asem. Bayanginnya koq seger banget. Terus keinget ma masakan satu ini yaitu Pindang Serani.

Pindang Serani ini konon adalah masakan dari daerah Jepara. Walo namanya pindang serani, jangan dibayangkan bahwa terbuat dari ikan pindang, lhooo... Si pindang serani ini dibuat dari ikan bandeng segar. Kalo pake bandeng presto rasanya bedaaaa.... Tetep mak nyus pake bandeng segar. Rasanya seger banget asem, asin, sedikit manis layaknya tom yam Jawa... Hihihi...

Cuma kadang yang bikin males makan ikan bandeng yang gak dipresto itu durinya yang buanyaaak dan menyebar ga cuma sopan d tengah kayak ikan2 lainnya.
Jadi agak ragu2 deh akhirnya mo bikin.
Truz tiba2 aja kepikir masak si bandeng ini pake slowcooker. Daaaan ternyata benar sodara-sodaraaa.... Dimasak pake slowcooker 4-5 jam si duri halus ini pun udah jadi cukup empuk buat dikunyah. Jadi langsung ancur.
Pas di pasar kebetulan liat ibu2 jual daun pisang koq ya jadi kepikiran buat kasih alas daun pisang di dasar slowcooker... Hasilnya? Jadi lebih haruuum n sedaaaap.....


Ternyata cukup gampang juga bikin si pindang serani ini... Gak perlu uleg2 bumbu, smuanya cuma diiris kasar aja.
Cabe merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas dan jahenya dibakar dulu sebelum diiris kasar. Ada beberapa resep yang bumbu2nya cuma ditumis gak dibakar dulu... Tapi rasanya akan lebih sedaaap deh kalo bumbunya dibakar dulu sebelumnya.

Segar banget emang niy masakan. Apalagi kalo kuahnya banyakan.... Sluuuuuurp..... Yuummmiiiiiy.....



No comments:

Post a Comment